Kurikulum

HTML clipboard

Keberadaan peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional yang merupakan konsekuensi dari Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, harus ditindaklanjuti secara operasional dalam berbagai aspek pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan secara nasional.

Pengembangan sistem pendidikan, kurikulum dan bentuk atau penamaan lembaga kesekolahan merupakan hal yang wajar terjadi dalam dunia pendidikan. Berbagai inovasi dan pengembangan program pendidikan meliputi penyempurnaan kurikulum, penyediaan buku dan bahan ajar, peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta pengadaan fasilitas telah dilaksanakan.

Perubahan konsep dan pola pikir pada pendidikan menengah kejuruan pad tahun 1993 seperti tertuang dalam kurikulum 1994, kemudian disempurnakan menjadi kurikulum SMK Edisi 1999 dan kurikulum menjadi kurikulum edisi 2004, dan diteruskan dengan penyempurnaan kurikulum KTSP tahun 2006. Harus diakui belum sepenuhnya didukung oleh infrastruktur yang tersistem. Pada tataran akademik, kurikulum dikembangkan dalam bentuk normatif dan adaptif terus menerus ditingkatkan kualitasnya agar siswa SMK memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembangkan dirinya baik di dunia kerja maupun bagi mereka yang berminat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Untuk menjawab tantangan dunia industri yang senantiasa mengedepankan mutu keahlian, sikap dan pengetahuan tenaga kerja, SMK Negeri 3 Bandung merintis upaya pemenuhan tenaga kerja yang kompeten bagi lulusannya. Implikasinya, kurikulum yang digunakan mengacu kepada kurikulum berbasis kompetensi dengan bahan pembelajaran dan pengujian yang terkait dengan keterampilan produktif disusun berdasarkan keahliannya yang berdasarkan Standar Keahlian yang melibatkan secara aktif dunia usaha/dunia industri (DU/DI).

Adapun Proram Keahlian yang tersedia di SMK Negeri 3 Bandung yaitu ; Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen terdiri atas Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Penjualan. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, SMK Negeri 3 Bandung mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK Negeri 3 Bandung. dan untuk bidang Keahlian Pariwisata program keahlian yang tersedia yaitu Usaha Jasa Pariwisata.

About SMKN 3 BANDUNG

Menuju SMK Berstandar Internasional Berdasarkan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) ISO 9001:2008 " TIGA " PASTI BISA !
This entry was posted in Profile SMKN 3 Bdg. Bookmark the permalink.