Sejarah Singkat

Bahtera SMK Negeri 3 Bandung yang lebih dikenal dengan bendera SMEA Negeri 2 Bandung, telah banyak jalan yang dilintasi  melalui perubahan  dari satu era ke era yang lain. Bahtera ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1960 dengan Surat Keputusan Nomor 1820/B.3/Kep.Dep. P dan K/1960. Pertama berdiri di jalan Wastukancana No. 3 menempati gedung SMEA Negeri 1, kemudian pada tahun 1966 membuka filial (kelas jauh) di jalan Pajagalan  (sekarang SMK Profita). pada tahun 1968 SMA Koperasi yang menempati gedung di jalan Buah Batu No. 135 dibubarkan dan selanjutnya sebagian siswa SMEA Negeri 2 pada waktu itu ditempatkan di gedung tersebut (sekarang SMK Bina Warga). Berganti tahun peminat semakin bertambah sehingga memerlukan gedung tersendiri, maka pada tahun 1972, Pemerintah memberikan sebidang tanah seluas 13.330 meter persegi yang berlokasi di daerah kelurahan Cijagra (setelah pemekaran, sekarang termasuk dalam wilayah Kelurahan Turangga). Dengan mendapat bantuan dari Asian Development Bank (Bank Pembangunan Asia), maka dibangunlah gedung  seluas 5.058,50 meter persegi yang diresmikan pada tahun 1977 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang  di jabat oleh Bapak Syarip Thajeb dengan Nama SMEA Pembina 2.  Kemudian sejak tahun 1978  seluruh siswa SMEA Pembina 2 Bandung  menempati gedung baru yang cukup representatif untuk proses pembelajaran di Jalan Solontongan No. 10 Bandung.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud No. 036 Mei  1997 tentang NOMENKLATUR Sekolah, maka terjadi perubahan nama dari SMEA Negeri (Pembina) 2 menjadi SMK Negeri 3. Seiring dengan perubahan dan pergantian dari periode ke periode, telah terjadi pula pergantian nakhoda, seperti di bawah ini :

1. Lim Tjing Siang                                  dari tahun 1960 s.d tahun 1962

2. Drs. Husein Ardisasmita                      dari tahun 1962 s.d tahun 1967

3. Drs. Achmad Matin                             dari tahun 1967 s.d tahun 1974

4. Drs. Samsi Gandasasmita                    dari tahun 1974 s.d tahun 1975

5. Drs. Sukardi Jayadipura                       dari tahun 1975 s.d tahun 1978

6. Drs.H.Memed Basa                              dari tahun 1978 s.d tahun 1984

7. Drs. Saleh Suradinata                          dari tahun 1984 s.d tahun 1986

8. Dadan Kahpi Ardiwinata                       dari tahun 1986 s.d tahun 1991

9. Drs. H.M. Yusuf Ahmad                        dari tahun 1991 s.d tahun 1997

10.Drs. Oeng Rosliana                             dari tahun 1997 s.d tahun 2000

11.Drs.H.RAD. Supardan,MM                    dari tahun 2000 s.d tahun 2006

12.Drs. Nanang Yusuf Nurdin                    dari tahun 2006 s.d tahun 2012
13.Drs. H. Iwa Wiswara Syamsu, M.M.Pd. dari tahun 2012 – sekarang.

53 Responses to Sejarah Singkat

  1. euis rostini says:

    assalamualaikum hai aku kangen sama temen ku smkn 3 angkatan 85 kelas u2 juju,nenden,aisyah,aan,edi suroyo,aep,asep,iwan sekarang pada dimana ?

  2. Nurdiani Dewi says:

    Info dong klu reuni aq angkatan 93/94 kls B2

  3. wawan says:

    salam buat teman-teman angkatan 1984-1986 kelas b2 sari anak garut super nackal

  4. Maya Rusmayantie says:

    Kasih info dong klau ada info tentang reuni di smea negeri 2 atau skrng smkn3

  5. Nur'Aeni says:

    Hii..tmen” angktan 93/94,khususnya B1,gmn kbr kalian??? Gabung yu bersana kami,ada yasmin,elin,st mariam,st romlah,yuli rahmawati dan saya..
    D tunggu y…

  6. imas julaeha says:

    hai aku alumni 1995 kelas B3 udah kangen banget sama temen2 semua……… salam buat guru2ku pak endin nurdin, bu agustina wardani pak rudi pokoknya buat semuanya…… aku kangeeeeeeeeeeeeen banget dech… buat sahabat aku gustini,sri, nurlela hubungi aku ya, kalian dimna???????? pasti udh pada sukses jd lupa ma aku…..

  7. yogaswara says:

    yogas angkatan 83 kita masih punya komunitas alumni FORUM SILATURAHMI ALUMNI SMEAN2 SMKN3 BANDUNG silahkan pergunakan dan dipikirkan juga pengurus selanjutnya karena untuk masa bakti saya sudah habis Salam Alumni. Semoga silaturami tetap terjaaga dan tolong manfaatkan sekertariat yang kitaa bangun bersama agar lebih bermanfaat.http://www.umrahyes.blogspot.com/

  8. dudy suwendi says:

    Dudy suwendy

    salam untuk angkatan 92 kelas akuntansi kapan bisa bertemu lagi kayanya udah pada sukses nih

  9. PERMATA411 says:

    Hay aku dulu punya teman di SMEA Pembina 2 angkatan 83 namanya enung Tuti Rukmini tinggal di cicadas, ada yang ingat dimana dia sekarang, aku teman baiknya di SMAN8

  10. Ass..
    Mohon Informasi tentang penelitian pendidikan di SMKN 3 Bandung, khususnya kelas Manajemen Bisnis.
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

  11. Erna Ningsih says:

    hai🙂 salam buat angkatan 1984-1985 kangen banget sama kelas B3, buat marini, tati, sama yogas udah jarang ketemu sekarang, gimana nih kabarnya? semoga baik baik aja yah🙂

  12. Mutia Effendi says:

    kepala sekolahnya kan udah ganti, bukan pak nanang lagi , udah ganti sama pak Iwa:/

  13. Pingback: SMKN 3 BANDUNG | ulvianiherlinda7

  14. Pingback: TUGAS HARIAN KKPI SEJARAH SMKN 3 BANDUNG | Memey Apriyanti

  15. Pingback: TUGAS HARIAN KKPI SEJARAH SMKN 3 BANDUNG | Santy Hartiani

  16. Pingback: TUGAS HARIAN KKPI SEJARAH SMKN3 BANDUNG | maisaroh13

  17. Hai kngen banget,ama temen” angkatan’85 kelas u2.Apa kbar semuanya?terutana untuk “YATI,IMAS,OLGA,SUPRIYATIN,SITI,KUSWANA,DADAN,MU’IN” Pada mana nih?? kngen..

  18. Iceu cahyati says:

    Salam buat angkatan 1994/1995 terutama kelas B2..skrg pd di mana,kgn bgt rasanya… Terutama ni kawan sebangku susi nurlaelasari….jaya SMEA 2 teruslah berprestasi!!!!!

  19. Iceu cahyati says:

    Temen2 smea2 1995..susi nurlaelasari,nenden amalia

  20. Epi Candrawati says:

    Salam buat angkatan 1997 kelas U3.
    terutama buat yuni handayani, fitriyani.
    dari Epi Candrawati – 021-94884845

  21. Denia Apendi says:

    SALAM BUAT ANGKATAN ’89 TERUTAMA KLS B3 JUGA MAMIKU BU ENOK. APA KABAR SEMUANYA? JAYA TERUS CAMPUSKU………KANGEN DEH RASANYA .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s